Oleh: fitrisawaliyah | Juni 10, 2009

Stress…….!!!! Bikin Kulit Keriput

Sebut saja namanya Linda. Gadis manis ini pernah mengalami stress berkepanjangan.  Nggak tanggung-tanggung, selama dua bulan! Akibat nya , secara fisik, rambutnya rontok dan kulitnya  kusam serta  jerawatan. Pokoknya kondisinya benar-benar berantakan! Bayangkan, masih muda, punya kulit yang tidak kencang dan kusam! Tak hanya itu, pada kulit diwajah, tangan, kaki, dan nyaris seluruh tubuhnya dipenuhi oleh lipatan!

Lalu, apa sih yang menyebabkan kondisi kulitnya menjadi seperti itu? Selidik punya selidik, ternyata ada dugaan hal  itu karena stress itu berpengaruh pada kulit?
Memang, pada dasarnya, keriput dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya proses penuaian alami, gizi yang tidak seimbangan, pola hidup yang tidak teatur, polusi udara serta stress.
Berbicara tentang penuaian, maka kita berbicara tentang radikal bebas, yakni melekul yang memiliki pasangan elektron bebas pada kulit terluarnya. Pasangan elektron  bebas ini dapat terikat dengan lemak, protein, karbohidrat maupun DNA tubuh, sehingga menyebabkan timbulnya penyakit.
Efek oksidatif radikal bebas ini dapat menyebabkan dan penuaian dini. Lipid (lemak) pyang seharusnya menjaga kulit agar tetap segar berubah menjadi lipid peroksida karena bereaksi dengan radikal bebas sehingga mempercepat penuaan.Lanjutan
Istilah radikal bebas sangat erat kaitannya dengan antioksida, yakni suatu senyawa yang berperan sebagai penghambat oksidasi dengan cara bereaksi dengan radikal bebas reaktif membentuk radikal bebas tak reakrif yang reatif  stabil. Kansumsi antioksidan ini akan menghambat kerja radikal bebas dalam memyebabkan penyakit.
Dalam suatu sumber disebutkan bahwa stress dan ketidakstabilan emosi dapat pula mengurangi efektifitas pemanfaatan antioksidan di dalam tubuh, sehingga orang-orang yang rentan terhadap stress, cadangan antioksidannya pun makin berkurang.
Stress yang dialami Linda bisa jadi merupakan penyebab timbulnya keriput, walaupun tampaknya waktu 2 bulan tidaklah cukup untuk mengakibatkan keriput seperti itu.
Bisa jadi, ada banyak faktor lain yang berpengaruh. Mengingat usia Lidah masih muda, tidaklah menjadi masalah untuk memperbaiki kondisi kulitnya seperti semula. Sebab, pada usia muda, jaringan ikat kolagen dan elastin kulit masih berjalan baik sehingga kulit juga masih berjalan dengan mulus.
Nah, agar kulit dapat kembali kencang, sebaiknya ubah pola hidup dengan cara berpikir optimis, menghindari hal-hal yang dapat memyebabkan stress dating kembali, memakan makanan sehat yang mengandung banyak antioksidan, menghindari rokok dan alkohol, tidur  yang cukup, minum banyan air putih, serta berolahraga secara teratur.
Jangan Lupa untuk mengurangi ngemil dan menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Amtioksidan banyak ditemukan pada makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, vitamin C (banyak ditemukan pada buah-buahan jeruk, jambu biji, anggur, pisang, apel, kiwi, serta sayuran tomat dan brokoli) dan juga vitamin E(terdapat pada –kacang-kacangan, gandum, biji-bijian dan sayuran berwarna hijau tua).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: